‘BELAJARLAH DARI MEREKA YANG HEBAT’

BELAJARLAH DARI MEREKA YANG HEBAT

Oleh: Demiati

Seorang Mahasiswa bisa tersohor oleh kritikan dan argumentnya yang lantang dan cerdas. Andakah salah satunya? Bisa jadi.

Bukankah mahasiswa adalah manusia terdidik? Namun demikian, pertanyaannya, apakah semua mahasiswa orang yang kritis? Tentu tidak! Menjadi kritis bukan otomatis, tapi dibentuk oleh berbagai faktor.

Nyatanya, ada mahasiswa yang menonjol dengan kritikan-kritikannya. Dan ada pula yang vakum dan hanya berkutat dengan proses perkuliahan yang ia jalani. Bagi yang ‘asyik’ dengan perkuliahan, banyak cara yang dilakukan oleh mahasiswa dalam belajar atau pun mewujudkan mimpinya. Seorang mahasiswa harus bisa memilah- milih metode yang ia sukai.

Beberapa waku yang lalu, saya berbincang dengan teman-teman kampus yang punya karakter dan kecerdasan yang berbeda. Ini menarik sekali menurut saya, karena banyak hal yang dapat digali, baik dari trik ia belajar, bangun nya jam berapa, kebiasaanya apa, dan bagaimana ia menghadapi tugas yang tertimbun, serta apa hal yang paling ia senangi. Dan lebih kerennya mereka tidak sungkan dalam menyajika jawabanya. Itulah orang-orang cerdas. Mereka senang membagikan ilmu yang ia miliki, selagi hayatnya masih tertegun di bumi.

Beberapa karakter dan kecerdasan yang telah saya jumpai, antaranya mahasiswa yang punya IPK 4, mahasiswa yang suka hitung-hitungan, mahasiswa yang demen bantu orang, mahasiswa yang public speakingnya keren, mahasiswa yang giat, serta Mahasiswa yang santai tapi berkualitas. Apakah anda salah satunya? atau bahkan memiliki semuanya? Inilah mereka:

 

Pertama, Si IPK 4. Ada dua orang mahasiswa yang saya jumpai yaitu, mahasiswa pendidikan kimia Unja dan mahasiswi Bahasa inggris di luar Jambi. Mereka ini tipenya bangun jam 3, tidurnya kurang, rajin nyatat kalau dikelas (poin-poin nya aja), rajin nanya sama dosen, gak suka ikut-ikutan. Mereka jujur dalam hal apapun, teliti, tidak suka sistem kebut semalam (sks). Intinya mereka mengatakan bahwa kerja keras dan do’a lah yang terpenting! .

Kedua, Mahasiswa ahli hitung – hitungan. Mereka bergumam bahwa angka itu enak dilihat. Dan perhitungan itu keren. Mereka suka mengulang-ngulang soal dan menghiraukan kegagalan. Intinya jangan muak dalam mencoba. Try again!

Ketiga, Si ratu penolong. Prinsip dari mahasiwi yang satu ini adalah ‘ Bermanfaat bagi orang lain’. Selagi kita mampu kenapa tidak? Mencoba memposisikan diri sebagai orang yang meminta tolong. Karena kita akan tahu rasa pahit manisnya diterima atau ditolak permintaanya. Jarang orang yang berkarakter seperti ini. Karena kebanyakan orang, terlalu menonjolkan ego diri. Sehingga berat rasanya untuk membantu sesama.

Keempat, Si raja public speaking. Mahasiswa yang satu ini, sukanya berargument dan tidak kaku dalam berbicara. Perkataanya punya isi dan berkualitas, sehingga orang yang membuka telinga tidak bosan dalam mendengar. Mereka bilang yang paling utama itu adalah ‘kepercayaan diri’ dan punya banyak wawasan. Agar apa yang disampaikan tidak hanya fiktif belaka.

Kelima, Si Gesit. Inilah mereka yang kerjanya cepat dan tepat. Mereka paling benci dengan nanya menunda. Karena prinsipnya adalah ‘ Kerjakan dan Lanjutkan!

Keenam, slow but sure. Mahasiswa yang santai tapi pasti itulah sebutannya.Tidak panik dalam bertindak serta punya wajah yang berseri walau bertumpuk masalah. Karena mereka yakin akan dapat menyelesaikanya dengan cerdas tanpa tergopoh- gopoh.

Itulah 6 teman- teman Mahasiswa yang sekiranya dapat diambil positifnya. Walaupun setiap orang tidak memiliki kesempurnaan sejati. Tapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk jadi yang ter-‘the best’ dan yang perlu dilakukan adalah action now!

°°Mahasiwa Pendidikan Kimia Universitas Jambi.

Iklan

‘PERPUSTAKAAN KEHIDUPAN’

PERPUSTAKAAN KEHIDUPAN

Oleh: Demiati

“Kehidupan adalah kesempatanmu. Ambil dan pelajari !”

Pernahkah Anda berpikir bahwa kelahiranmu adalah kebahagiaan bagi dunia? Seorang mentor pernah bilang kepada saya, bahwa jalan hidup ini akan dituntun oleh sebuah pemikiran sederhana, kritis, serta kompleks. Aplikasinya akan dilaksanakan oleh sebuah tindakan! Tindakan yang didasari oleh pemikiran yang berkualitas dan matang.

Layaknya mangga masak yang siap disobek kulitnya. Isinya yang sedap nan padat membuat mangga itu terlihat berkualitas. Begitupun manusia. Ia perlu banyak sumber santapan agar jadi manusia yang berkualitas. Intinya harus punya setimbun ilmu bahkan bertimbun-timbun ilmu dengan sumber yang berbeda.

Bukankah itu yang disebut amazing? No ! harus ada sikap cerdas yang melakoni ilmu ini. Bahkan merangkulnya erat agar tidak berguguran disenggol kehilafan. So, pertanyannya dimana saya harus mendapatkan sumber sumber itu? let’s go !!!

1. Dalam hati
2. diseluruh Tubuh
3. Lingkungan Hidup (orangtua, teman2, succses people, dan orang yang kau idolakan.
4.sekolah dan Kampus.

Masih banyak sumber ilmu yang Ada disekitar kita. Intinya dari keseluruhan sumber di atas, kita sudah sama-sama tahu, bahwa semuanya terhimpun dalam wahyu (Alqur’an) yang Sang Pencipta turunkan melalui kekasihnya, Rasulullah.

Jadi apa inti dari artikel ini? judulnya perpustakaan, tapi tidak ada kata perpustakaan yang terlihat ! yeahhh ~

Intinya untuk dapat ilmu atau pengetahuan, ternyata gak susah susah amat kok, tergantung mereka yang sadar atau tidaknya, paham atau tidaknya akan something yang Ada disekitarnya.

Note : give me a question, if you don’t understand and give me critycal if I false👐

°Mahasiswa P. Kimia Unja

RANAH KIMIA

 

RANAH KIMIA

by : ayu nur khasanah

sunyi yang menghimbas kalbu

membisiskkan amanah kepada elang

memberi penanda disebuah titik

menyisahkan noda yang sukar diingatkan

 

hai elang….

turutlah jejak sang cakrawala

bisa dan racun telah dirasa

menyisish dibalik kobaran api

menjulang tinggi keranah lainnya

 

elang…

bila sampai waktunya

labirin pun menunjuk jalannya

bagai ikatan dengan rantainnya

elang…

ranah kimia ini jalannya

dari kuasa untuk hambanya

balerang terpendam nan jauh didalam bumi

pastikan guna dengan izin ilahi.

MY BOOK IS YOU

 Can i forget you?

” ketenangan jiwa , makna akan segalanya. Ketenangan hati arti sebuah kebahagiaan, cetakan berlapis yang membujur indah itu seakan memanggil insting yang sedang bingung. Ada rupa terpendam didalamnya ,rupa yang tak dapat diungkapkan. Keindahan tersebut tampak kembali sejak ia hadir dalam genggaman. Bukan main bahagianya sang pengembala buku itu🔦.

       ” Hei sahabat ana yang jauh membendung dikota orang,ada kabar yang kau tinggalkan tentang story kita. Story yang dulu antum abaikan . story yang menjadi penyebab koyaknya my heart. 💔. Sahabat ana yang penuh perubahan ! . ana  rindu untuk tell to you. Akankah antum sadar apa yg dulu antum lakukan terhadap diri yg tak bersinar ini. Dahulu… 3 tahun yang lalu, saat dimana my heart membeku dan pakum ketika melihat ciptaan allah yg menakjubkan !  Tak dapat ana pertahankan lg chemistry di dalam hati. Hanya allah yang dapat mengembalikan perasaan itu. Allah ku tahu akan chemistry yang hambanya rasakan terhadapmu 😇.

 

BAGUN TELAT

09 MARET 2017

TELAT BANGUN


  bangun telat, itulah yang aku perbuat hari ini. tanpa mendengar suara azan,ayam berkokok, ataupun manusia berkutik. jam 06.44 mata mulai terbuka permanen .namun kesadaran belum sepenuhnya kembali. kalian pernah ngerasain malas ya kan? buang waktu? atau buang uang (eh). mahasiswa  yang dijuluki gudang tugas ,wajar gak kalau kesiangan? setumpuk laporan, puluhan soal kalkulus dan ratusan hapalan, tiap malam digandrongi.

 

semua itu kewajiban atau apa sih? mubah kali ya? haha. indonesia akan bubar kalau seluruh pemudanya  bangun jam segitu. kapan lagi waktu mereka mengukir karya dipagi hari , kalau kerjaanya molor. nah dari itu buat kawan-kawan ku yang lagi menjelejah ilmu di tanah orang atau ditanah sendiri, jangan biarkan diri terlena akan nikmatnya dunia ya,lah  mengapa? kan kesuksesan dari hasil menuntut ilmu bukanya juga kenikmatan dunia? benar ! tapi tujuan lo hidup bukan dunia semata kan? jadi kamu itu termasuk  aku harus banggain indonesia dan agama dan satu lagi yang terpenting orangtua tercinta.

 

pernah gak mikir pengen masuk tv atau jadi artis? kalau akau sih pernah. karna mikirnya gini, kalau artis tentu masuk tv ya kan. terus dikenal banyak orang lagi dan yang terpenting dapat banyak duit haha. nah lalu pertanyaanya saya balik. pernah gak mikir pengen masuk surga? tau surga gak? tau gakk?.itu loh surga yang dijanjiin allah buat mereka yang  sholeh dan takwa, surga yang telah digambarkan sama allah  banyak kenikmatan yang luar biasa disana. dan surga yang hanya ada setelah kematian. jadi pilih yang mana? mau kenikmatan dunia atau akhirat tapi ninggal dulu? kalau aku  sih mau dua-duanya hehe. kematian itu mah gak perlu ditakuti. memang udah jatahnya masing-masing kita kok. kalau gitu  tau gak cara  biar dapat dua- duanya?

sering gak sih dengar ceramah dimasjid, tv atau radio?disana  banyak pesan allah atau petunjuk yang disampaikan melalui ustad, ulama’  loh. jadi teman-teman gak usah khawatir kalau mau berbuat baik. karna itu gampang. tinggal lakuin apa yang allah perintahkan dan teladani apa yang rasulullh lakukan. itu sih kuncinya masuk surga. nah jangan lupa, yang terpenting itu adalah bakti kita pada ibu bapak. terutama ibu yang surganya allah itu ada dibawah telapak kakinya. jadi berbuat baiklah dan patuhi kedua orang tua kita selama mereka masih dalam pelukan anaknya.

tau gak, kasih sayang ibu bapak kita itu gak pernah ada hentinya? jadi kita sebagai permata mereka harus balas tuh kasih sayang. bahkan harus lebih dari itu. setuju gak teman-teman? kalau gak setuju, ya udah terjun aja tu baskom (eh).

LUPA

24 mei 2017

PANCI PANAS TANPA  AIR

(pernah lupa? )

aneh gak judulnya? atau udah familiar?. teman- teman pernah lupa atau khilaf gak ? lupa itu adalah terlupakan. jadi tepatnya disini panci yang terlupakan haha. nah jadi gini ,kemaren malam  ane  ceritanya pengen minum kopi gooday. tau kan?ituloh kopi yang ada di iklan iklan.

tahap-tahap for  make nya gini.  pertama, ane ambil panji. kedua, letakkan diatas kompor dan terakhir hidupkan kompor. lalu ana langsung keteras buat ngerjain  tugas.

beberapa saat kemudian ……

bau yang gak asing lagi muncul kayak hantu. dan suara adik ane yang kencang kali pun nyaring. “yukkk apo yang kamu masak ni? (bahasa jambi) “. teriaknya. “ aek untuk minum kopi, emang ngapo? “. “ mano aeknyo ko -_- “. balasnya. “ lah lupo, astaghfirullah ^_^ . nah gitu storynya.

jadi pertanyaanya ,kira –kira ane lari gak kedapur? atau merangkak? haha. jawabanya adalah santai. karna ane udah tau kompornya bakal dimatiin tu sama si adek. simple kan? . jadi kesimpulannya, gak perlu panik hadapi suatu masalah, tapi lihat dulu sebesar apa masalah itu, dan  jangan hadapi sendiri karna kita manusia itu lumrahnya makhluk sosial hehe.

lupa itu penyakit atau apa sih?coba kalian search dinenek google deh.

alih pembahasan yak .teman-teman sudah punya mimpi  gak ? kalau belum segera ukir dan buktikan ya. gimana biar bisa kebukti? nah ini nih pertanyaan berkualitas.sebuah mimpi yang terukir  bukan mimpi yang ada dalam tidur. namun ini adalah mimpi dengan penuh makna. pernah dengar gak, bermimpi itu GRATIS  loh, alias gak bayar dan gak ada yang ngelarang. jadi mimpi aja sepuas –puasnya. takut jatuh ya?hampir  semua orang takut kok, tapi secuil  orang masih ada yang gak takut, dan mereka itulah orang berbeda dan luar biasa. mereka mampu keluar dari zona nyaman dan terbang tingggi menjauhi sangkarnya, demi menggapai makanan impian mereka. nih harus tau sahabt semua, seorang motivator pernah bilang sama ana. bahwa hidup bukan hanya sekedar hidup dan berubah lah  walau 1% setiap hari kearah yang lebih baik. mengapa? karna waktumu terus jalan. dan waktu itu sukanya jalan-jalan. hati-hati anda !

introduce my self

11427035_1859738030917053_5015776936656736479_n   Introduce  adalah sebuah perkenalan awal yang biasanya dilakukan orang baru di tempat barunya pula. hello, my name is demiati. aku lahir di pelosok desa negri jambe. desa lubuk kambing, ujung jabung. 11 mei 1998 pada tanggal itu aku dilahirkan ke alam baru yang penuh kenikmatan aku adalah mahasiswa pendidkan kimia di university of jambi. salah satu universitas negri di kota jambi. pelajaran kimia bukanlah yang kusukai, namun ia kucintai. cita-cita ku  ingin menjadi dosen yang mulia dimata allah. dan redaksi yang dicintai penulis.

Hobby ku saat ini adalah menulis fiksi dan bermain kata dalam tulisan. public speaking juga salah satu kegemaranku. berbicara didepan public adalah hal yang menakjubkan bagiku. berdiri dengan cerdas menghadap beribu manusia terdiidk. wow that is amazing.  banayak mimpi yang telah aku ukir di atas kertas putih tak berdosa. sudah terwujud? belum tentunya, semua itu butuh usaha yang keras dan do’a yang banyak. intinya jadilah kekasih sang pencipta , maka kau akan mendapatkannya. man jadda wajada.